See the source image

Memiliki diet bergizi seimbang dan berolahraga secara teratur dapat berkontribusi terhadap banyak fungsi tubuh. Anda mungkin melibatkan diri dalam beberapa yoga, lari, kardio berat atau latihan otot dan bagian tubuh untuk tetap sehat dan mengatur menstruasi Anda juga. Menstruasi Anda memberikan indikasi tentang kesehatan internal Anda. Beberapa wanita mengalami aliran menstruasi yang deras, sementara beberapa memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur atau tidak sama sekali. banyak bercerita tentang kesehatan Anda. Menstruasi biasanya terjadi setiap 21 hingga 35 hari dan berlangsung selama dua hingga tujuh hari. Namun, beberapa gadis mungkin memiliki aliran yang tidak teratur atau sangat deras karena beberapa alasan. Salah satunya bisa menjadi rutinitas olahraga di rumah. Anda harus memikirkan latihan Anda selama menstruasi. Diet bergizi dan olahraga / yoga digabungkan bersama dapat berkontribusi terhadap siklus menstruasi yang sehat.

Masalah menstruasi membuat Anda sedih? Jangan biarkan Ibu Pertiwi menghalangi. Latihan dan pose yoga ini akan membantu menghilangkan kram menstruasi, nyeri punggung bawah, kembung, dan banyak lagi.

Olahraga mungkin menjadi hal terakhir yang Anda pikirkan selama sebulan, tetapi itu bisa menjadi tiket untuk merasa seperti diri sendiri lagi. Selain memberikan dosis ekstra endorfin yang meningkatkan suasana hati, berolahraga selama periode Anda terbukti membantu meredakan kram perut, kembung, sakit kepala, dan nyeri punggung bawah.

Duduk dalam posisi berlutut dengan lutut dibuka selebar pinggul dan pantat di tumit. Angkat pinggul Anda beberapa inci dari tumit Anda dan gulingkan pinggul Anda ke depan dan ke belakang dengan lembut. Pastikan otot perut Anda berkontraksi saat Anda menggulung pinggul ke depan dan hembuskan napas dengan kuat.

Kunjungi informasi terkait seputar tips sehat menghadapi masa menstruasi di: https://www.charmgirlstalk.com/artikel/325/agar-menstruasi-tetap-sehat-ini-5-rekomendasi-olahraga-di-rumah

Di antara kram yang tidak nyaman, kelelahan, dan nyeri payudara, periode menstruasi Anda tidak membuat Anda merasa seperti Anda dapat menaklukkan dunia. Apa yang membantu kram dengan cara alami mungkin tampak seperti sebuah misteri. Namun, ada cara untuk mempelajari cara meredakan kram menstruasi menggunakan olahraga dan pengobatan rumahan. Berolahraga saat Bibi Flo berada di kota dapat membantu Anda merasa lebih baik dengan cara yang lebih alami dan sehat. Olahraga dapat meredakan gejala menstruasi yang tidak nyaman bagi banyak wanita. Apakah Anda pergi ke kelas berputar normal atau berjalan-jalan di sekitar lingkungan, Anda mungkin mengalami manfaat dari latihan periode ini.

Latihan apa yang harus dilakukan dan dihindari selama menstruasi?

Banyak wanita benar-benar melewatkan latihan kardio atau latihan beban saat mereka sedang menstruasi. Namun, menghilangkan latihan fisik sepenuhnya selama lima hari juga tidak benar. Mereka adalah gerakan tertentu yang diperbolehkan dalam periode, sementara beberapa dibatasi. Faktanya, ada nyeri panggul dan perut yang mungkin dipicu karena olahraga yang Anda lakukan. Oleh karena itu, berikut latihan yang harus dilakukan dan dihindari selama menstruasi:

Melakukan:

  1. Berjalan lambat

Berlari dan jogging tidak dianjurkan untuk wanita selama periode mereka. Oleh karena itu, berjalan lambat adalah sesuatu yang dapat Anda sesuaikan selama beberapa hari. Baik itu jalan-jalan ringan di taman atau jalan-jalan, itu dapat membantu tubuh dan otot Anda terbuka, rileks dan bahkan tanpa menghambat siklus Anda. Hari pertama menstruasi Anda mungkin yang paling nyaman sehingga Anda bisa mulai dengan berjalan lambat di hari kedua.

  • Yoga lembut

Yoga lembut agak mirip dengan berjalan lambat dalam hal intensitas. Anda dapat memulai dengan bentuk yoga ringan dan Pilates bahkan pada hari pertama Anda dan melanjutkannya lebih jauh juga. Ini akan membawa penguatan positif dan membuat tubuh Anda rileks. Selain itu, yoga juga dapat bermanfaat dalam mengurangi gejala tidak nyaman saat menstruasi seperti kram , sakit perut, kelelahan, dll. Oleh karena itu, ini adalah cara yang baik untuk tetap aktif dan tidak mengganggu menstruasi Anda.

3. Latihan aerobik

Latihan kardio atau aerobik ringan juga dapat membantu selama menstruasi. Faktanya, melakukan latihan aerobik juga dapat mengurangi gejala PMS. Perubahan suasana hati dan ketidaknyamanan Anda mungkin berkurang dengan latihan kardio ringan. Aerobik sebagian besar melibatkan peregangan dan latihan kekuatan yang baik untuk tubuh Anda selama periode. Ini termasuk berenang, berjalan, dll dengan intensitas rendah.

Menghindari:

1. Kardio intens

Kardio yang intens seringkali dapat menyebabkan aliran menstruasi yang deras. Karena itu, ini harus dihindari selama periode. Beberapa wanita harus membuat penyesuaian kecil dengan latihan mereka untuk periode yang sehat. Jangan berpartisipasi dalam latihan kardiovaskular yang intens karena dapat menyebabkan stres ekstra pada pikiran dan tubuh Anda.

2. Potong durasinya

Seiring dengan intensitas, Anda juga harus memotong durasi latihan Anda. Anda dapat mengambil beberapa hari untuk kembali ke bentuk semula. Jadi, minimal 4-5 hari, jangan berolahraga selama 90 menit berturut-turut tetapi lakukan selama 30-40 menit dan itu juga dengan istirahat. Ini akan mengurangi risiko kram dan nyeri haid. Juga, memotong durasi akan memberi waktu tubuh Anda untuk pulih dan rileks.

3. Latihan beban jika kram/nyeri

Jika Anda pasti mengalami kram menstruasi sejak hari pertama, maka hindari bagian latihan beban. Mengangkat beban tidak akan ada gunanya dan malah mengganggu aliran menstruasi Anda. Ini juga akan membantu menjaga kekuatan Anda dan menghindari pengerahan tenaga yang tidak perlu. Jangan angkat beban berat dan lindungi diri Anda dari rasa sakit.

By Thoth